Selamat Hari Laut Sedunia

Akhir-akhir ini pihak asing yang mengintervensi indonesia serta yang mencoba mengganggu kedaulatan negara sudah kita halau, begitu juga dengan para perampok yang ingin mengeruk sumber daya alam kita. Namun, para pemikir -para pemimpin- negara ini pasti akan bertanya. Seberapa lama kita akan bertahan seperti ini ? Jangan takut terlebih risau, kita sudah memiliki putra-putri terbaik bangsa yang akan menjaga laut kita.

Mereka ialah para serdadu yang siap mati demi NKRI, dan para peneliti, pakar serta ilmuwan yang setia untuk berbakti pada ibu pertiwi dengan penemuan-penemuan yang mereka ciptakan, lalu ada para unsur-unsur kepemerintahan yang menangani kelautan. Dan tak lupa masyarakat indonesia yang kuat akan persatuannya jika ada penindasan secara global.

Berbagai program pembangunan yang melibatkan laut sangat diapresiasi oleh masyarakat, apa lagi kami mahasiswa, pastinya selalu mendukung disertai masukkan -cenderung kritikan- yang memang agak kurang valid di mata birokrat. Tapi ingat kelak kita akan mengganti kalian untuk mengurusi laut nusantara. Jadi berbanggalah kita yang berstatus mahasiswa, karena di tangan mahasiswalah akan tergenggam arah bangsa.

Hari ini adalah hari laut sedunia, maka kami dari mahasiswa manajemen kepelabuhanan dan pelayaran universitas karimun menyambut baik apa yang telah dilakukan pemerintah indonesia terhadap laut yang telah lama kita huni ini. Ada beberapa prestasi dan kejayaan dalam dunia kemaritiman yang patut kami banggakan, salah satunya adalah dalam bidang keamanan dan pertahanan di laut. Pemerintah sudah cukup sukses menghancurkan praktek ilegal fishing yang marak terjadi sebelum era presiden Jokowi, suksesornya adalah menteri perikanan dan kelautan yakni Susi Pujiastuti dan inisiatornya tentu presiden kita.

Dalam bidang keamanan kita sudah hampir terbang, ibarat garuda sudah mulai mengepakkan sayap untuk siap menjelajah dunia. Perusahaan indonesia beserta koleganya telah berhasil membuat beragam kapal perang yang di prakarsai oleh TNi AL dan telah menembus pasar internasional.

Waw keren ya .. 
Karena laut kita bisa menciptakan kapal perang, dengan kapal ini kita bisa bangkit dari defisit ekonomi. Lapangan pekerjaan akan bertambah, dan negara kita tidak susah-susah lagi meminjam modal dari amerika yang kapitalis. Ini merupakan sedikit banyak gambaran yang mudah di cerna oleh masyarakat. Begitulah ide yang ada dalam proyek pak Jokowi, yakni ingin menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia.
Sebenarnya masih banyak sektor lagi yang harus di hidangkan dalam tulisan ni. Seperti tol laut, 1000 pelabuhan yang harus di bangun, transportasi laut modern, dll. Itu saja sudah cukup untuk membuat kita bangga.

Lalu bagaimana nasib bangsa ini jika laut tidak ada sebagaimana dengan negara ASEAN, yaitu laos ?
Pasti akan makin terperuk perekonomian bangsa jika hanya mengandalkan ekononi daratan.

So, kita terkenal karena laut.
Kita kaya karena laut.
Kita hidup karena ada laut.
Dan terakhir, mari kita jaga laut indonesia melalui sebuah tindakan kecil yang bermanfaat untuk semua orang☺

Selamatkan laut kita!

Previous
Next Post »
0 Komentar